4 Jenis SBU 2022 dan Fungsinya

SBU 2022 – Ada banyak aspek yang harus kita perhatikan ketika merintis usaha. Keperluan bukan saja terkait modal dan pengembangan bisnis, melainkan juga perizinan usaha secara hukum. Dalam beberapa bidang usaha, surat legalitas tersebut disebut SBU 2022.

Apa itu SBU? Apa fungsinya? Bidang usaha apa saja yang berada di bawah payung legalitas Sertifikat Badan Usaha ini? Bagaimana cara mendapatkannya? Seluruh pertanyaan penting tersebut akan kita jawab bersama dalam ulasan artikel di bawah ini.

4 Jenis SBU 2022 dan Fungsinya
4 Jenis SBU 2022 dan Fungsinya

Pengertian SBU 2022

Sertifikat Badan Usaha adalah surat resmi yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai bukti kelayakan aktivitas operasional sebuah perusahaan. Di Indonesia, SBU diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) di bawah pengawasan Menteri PUPR RI.

Pemberlakukan SBU terhitung belum lama di Indonesia, baru semenjak peresmian keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) nomor BK0301-Mn-/2289 th 2021.

Peraturan tersebut menyatakan SBU dan Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi (SKK-K) sebagai bukti legalitas sebuah badan usaha dan dapat dipergunakan sebagai syarat kelayakan perusahaan untuk mendapatkan tanggung jawab di bidangnya.

Lalu, apa itu SBU SKA dan SKT dan perbedaannya?

Surat Keahlian (SKA) dan Sertifikat Keterampilan (SKT) adalah bukti resmi yang diterbitkan oleh LPJK kepada para tenaga ahli profesional di bidangnya. SBU, SKA dan SKT sama-sama dimunculkan oleh LPJK sebagai bukti legalitas dan profesionalitas perusahaan / tenaga kerja.

Adapun berbedaannya, SBU untuk legalitas sebuah badan usaha / perusahaan. SKA untuk tenaga ahli golongan besar. SKT untuk tenaga ahli golongan kecil. SKA dan SKT tenaga kerja juga menjadi persyaratan wajib bagi perusahaan agar bisa mendapatkan SBU.

Jenis-Jenis SBU 2022

Selama ini, SBU memang identik dengan SBU 2022 Konstruksi saja. Padahal, SBU bermacam-macam, bukan hanya bidang konstruksi. Penasaran ada jenis SBU apa saja? Berikut penjelasannya:

1. SBU Jasa Konstruksi

Beberapa tahun terakhir, Indonesia sedang gencar mengadakan pembangunan. Tidak peduli pembangunan fasilitas umum, gedung pemerintahan, pembangunan fasilitas masyarakat, hingga pembangunan swasta ada di mana-mana.

Tentunya, prioritas pembangunan sangat berdampak kepada Sertifikat Badan Usaha 2022 di bidang tersebut. Setiap perusahaan konstruksi dengan jeli mengurus perizinan agar dapat berpartisipasi dalam pertarungan tender proyek dan mengembangkan sayap karirnya.

Pemerintah menyambut baik antusiasme masyarakat konstruksi dengan menyediakan layanan SBU 2022 OSS atau Online Single Submission. Fasilitas ini memungkinkan badan konstruksi mengurus perizinan secara online sehingga lebih fleksibel dan praktis.

Jenis sertifikat Badan Usaha jasa Konstruksi juga masih terbagi dalam beberapa kualifikasi sesuai spesialisasi bangunan konstruksi masing-masing. Contohnya, SBU 2022 Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik berbeda dengan SBU bangunan pengelolaan limbah.

Meskipun sama-sama bersifat konstruksi, contoh SBU berbeda pada setiap sub-kualifikasi.

2. SBU non Konstruksi

Sertifikat Badan Usaha non konstruksi menjangkau seluruh perusahaan konstruksi yang ingin melebarkan sayap ke bidang non-konstruksi praktis. Misalnya, merambah dalam layanan konsultasi konstruksi atau perindustrian, maka masuk dalam klasifikasi SBU non-konstruksi.

Cara membuat Sertifikat Badan Usaha non-konstruksi sama dengan SBU Konstruksi. Perusahaan harus memenuhi seluruh persyaratan dokumen serta prosedur yang berlaku. Pendaftaran SBU non-konstruksi juga bisa Anda lakukan secara online atau offline.

Beberapa bidang yang masuk kategori non-konstruksi ialah pertambangan dan energi, pendidikan, keuangan, telematika, transportasi, jasa studi penelitian dan bantuan teknik, jasa konsultasi pariwisata, dan masih banyak lagi.

3. SBU Konsultan

Sebagaimana sempat kita singgung pada penjelasan sebelumnya, SBU konsultan adalah bukti kelayakan yang diterbitkan oleh LPJK kepada perseorangan maupun perusahaan di bidang konsultasi.

Jenis konsultasi yang tersedia sangat beragam selama masih beririsan dengan dunia konstruksi. Sebut saja, konsultasi tata kota, konsultasi manajemen proyek, atau konsultasi manajemen perbelanjaan pembangunan.

Lalu apa perbedaan SBU Konsultan dengan SBU non-konstruksi?

SBU konsultan menaungi perseorangan atau perusahaan konsultasi yang masih beririsan dengan dunia konstruksi. Sedangkan SBU non-konstruksi menaungi bidang perusahaan lebih luas, termasuk konsultan finansial dan bisnis. SBU Konsultan juga masuk dalam kategori ini.

4. SBU Spesialis

Spesialis biasa identik dengan keahlian yang mumpuni, bukan? Dalam dunia konstruksi, SBU Spesialis merujuk kepada perusahaan yang menangani bangunan dengan spesialisasi tertentu. Misalnya, spesialisasi pengerukan, pembongkaran bangunan, pekerjaan tanah, dan lain-lain.

Dibandingkan jenis SBU 2022 yang lain, SBU Spesialis memang paling jarang karena cukup jarang diperlukan. Selain itu, persyaratan dan biaya daftar SBU ini juga lebih tinggi sehingga lebih sulit didapatkan.

Mengapa Harus Memiliki SBU 2022?

Setelah mengetahui bidang apa saja yang harus memiliki SBU, apakah Anda sudah tahu keuntungan apa saja yang bisa didapatkan ketika mempunyai sertifikat tersebut? Secara umum dan ringkas, berikut fungsinya:

1. Bukti Kredibilitas

Setiap pemilik proyek tentu memilih jasa konstruksi yang sudah terbukti kredibel. Adapun cara paling mudah sekaligus terjamin untuk memastikan profesionalitas tersebut adalah melalui SBU yang Anda kantongi.

2. Syarat Mengembangkan Perusahaan

SBU adalah persyaratan wajib bagi sebuah badan usaha untuk mengikuti tender atau melakukan kerja sama dengan pihak lain. Secara tidak langsung, perusahaan tidak akan bisa berkembang jika tidak mengantongi SBU.

Baca Juga : ISO 37001 adalah  

3. Payung Hukum

Fungsi SBU yang terakhir adalah sebagai payung hukum. SBU melindungi perusahaan dari berbagai masalah internal maupun dari luar yang mungkin terjadi, seperti sengketa kepemilikan, penipuan, hingga pencemaran nama baik.

Dengan berbagai fungsi mendesak tersebut, tentu Anda harus segera memiliki SBU. Namun jika Anda sibuk, percayakan saja pengurusan SBU kepada https://igigli.org/ yang sudah berpengalaman di bidang hukum dan pengajuan SBU.

Demikian ulasan mengenai SBU 2022, meliputi pengertian, jenis, dan fungsinya. Dengan adanya jasa konsultasi SBU, pemilik usaha tidak harus repot mengurus seluruh pengumpulan berkas hingga menunggu penerbitan surat. Serahkan kepada ahlinya.

Hubungi Kami!
1
Butuh bantuan kami ?
Hi, Kami Siap Membantu Anda!